Mengenal Web Cache

web-cache

Bagi yang sering berkutat dengan website, server, komputer dan gawai lainnya, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah web cache. Dalam edisi Connects kali ini kami akan membahas perihal pengertian web cache berikut dengan kegunaannya.

Pengertian Web Cache

Definisi cache adalah komponen berukuran kecil dan bersifat sementara yang menyimpan data-data komputasi yang baru dijalankan atau duplikasi data lain yang berguna untuk menjalankan perintah di masa mendatang dengan lebih cepat.

Dalam pengertian sederhananya, cache adalah wadah untuk menyimpan memori sehingga tak perlu memulai dari awal ketika suatu saat ingin mengakses suatu informasi. Sementara itu web cache adalah adalah sebuah arsip web yang disimpan oleh aplikasi-aplikasi browser misalnya Google Chrome, Firefox dan Opera.

Fungsi Web Cache

Adapun kegunaan dari web setidaknya bisa dibagi menjadi 3, yaitu:

  1. Meningkatkan kecepatan pencarian data ketika menjelajah dunia nyata
  2. Masih bisa melihat tampilan website user meski website sedang down.
  3. Bisa menjadi salah satu cara untuk menyelidiki jika terjadi perubahan posisi pada website.
  4. Untuk memantau perkembangan pengoptimalan website.

Cache juga bisa dijadikan indikator berhasil atau tidaknya suatu artikel yang terindeks terakhir kali oleh mesin pencari (misalnya Google, Opera atau Firefox), dan tanggal yang tertera di dalam halaman cached akan terus berubah dari waktu ke waktu.