MCA Indonesia Gandeng DTP Tingkatkan Produktivitas Kabupaten Sikka

sikka

Dukungan berbagai pemangku kepentingan menjadi krusial agar setiap daerah yang memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah dapat dimaksimalkan untuk kesejahteraan masyarakat. Melalui berbagai program, Millennium Challenge Account – Indonesia (MCA-Indonesia) mencoba membantu percepatan pembangunan di daerah-daerah.

Kali ini MCA Indonesia berkolaborasi dengan DTP dalam pengadaan koneksi internet di tiga kabupaten di pulau Flores Ende, Sikka dan Flores Timur lebih maksimal. Letak geografis daerah ini yang dikelilingi oleh batas laut dan pegunungan menjadikan konektivitas internet menjadi kendala yang coba dipecahkan oleh layanan IDnet VSAT DTP.

Kabupaten Sikka yang memiliki 21 kecamatan, memiliki potensi dan kekayaan alam yang beragam mulai dari ikan laut, kakao dan jambu mete. Sumber kekayaan alam ini harus dipetakan secara sistematis dan maksimal oleh pemerintah daerah untuk mendongkrak kesejahteraan perekonomian masyarakat, khususnya petani dan nelayan.

Kepercayaan yang diberikan oleh MCA Indonesia kepada DTP dalam menyediakan layanan IDnet VSAT DTP di propinsi Nusa Tenggara Timur ini, diharap mampu memberikan solusi dan kontribusi dalam mendorong kesejahteraan masyarakat di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tim care DTP mengunjungi secara langsung proses pengerjaan perangkat VSAT IDnet di Dinas Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan kantor Pelayanan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu di Kabupaten Sikka.

“Pengadaan koneksi internet ini merupakan salah satu fasilitas yang diberikan dalam mendukung program MCA Indonesia di beberapa pemerintah daerah khususnya di dinas-dinas terkait. Diharapkan adanya fasilitas internet dapat dimanfaatkan oleh masing-masing dinas untuk menyelaraskan data, sehingga mapping dan planning yang dilakukan dapat maksimal,” ungkap Andreas Bria selaku GP District Relationship Manager untuk wilayah Ende, Sikka dan Flores Timur.

Di sela-sela kesibukannya, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sikka, Drs. Simeon berharap Internet dari MCA Indonesia dan DTP memudahkan kinerja para pegawai untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sikka.

“Terima kasih untuk MCA Indonesia dan DTP dalam pengadaan fasilitas Internet di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sikka, fasilitas ini menambah kemudahan bagi semua dinas yang terkait dengan koneksivitas satu sama lain sehingga kita dapat menentukan sasaran utama dalam pembangunan ekonomi masyarakat,” tutup Simeon.