Kontribusi VSAT DTP untuk Peringatan Kemerdekaan RI

Kontribusi VSAT DTP untuk Peringatan Kemerdekaan RI
  • Memperingati 71 tahun kemerdekaan Republik Indonesia, DTP berpartisipasi dalam program pemerintah untuk pemerataan jaringan telekomunikasi di pelosok nusantara. Pada tanggal 17 Agustus 2016 ini, Dusun Mangkau di pedalaman Kalimantan Barat sudah bisa menikmati sambungan Internet andal lewat teknologi VSAT dari DTP.
  • Kehadiran layanan Internet VSAT, bersama dengan pembangunan infrastruktur jaringan telepon, disambut antusias masyarakat setempat yang selama ini mengharap kemudahan telekomunikasi untuk menjembatani jarak yang sulit ditempuh. Fasilitas Internet tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya untuk menunjang pendidikan.

Sanggau, Kalimantan Barat – Momentum peringatan 71 tahun kemerdekaan Republik Indonesia ini ditandai juga dengan perwujudan komitmen DTP membantu pemerintah dalam program pemerataan jaringan telekomunikasi di pelosok nusantara. DTP yang ditunjuk oleh pemerintah untuk pengadaan VSAT di daerah pedalaman Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, berhasil menyelesaikan amanat tersebut pada tanggal 17 Agustus 2016.

Tim DTP terjun langsung dalam pengiriman logistik dan pembangunan VSAT di salah satu dusun terpencil di kawasan tersebut, yakni Dusun Mangkau. Dusun tersebut berjarak 2 jam dari pusat Kecamatan Entikong, bila menempuh jalan darat terjal tak beraspal yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Namun untuk tujuan pengiriman logistik, rute Sungai Sekayam harus ditempuh dengan mengendarai sampan selama 6 jam.

Instalasi VSAT pun berhasil dilakukan dengan baik meski dengan berbagai keterbatasan terkait lokasi yang terpelosok itu. Bahkan sebagai sumber daya untuk memfungsikan Internet berteknologi VSAT itu, tenaga listrik dari surya pun dimanfaatkan.

“Saat ini masyarakat kami sulit untuk berkomunikasi. Dusun Mangkau tidak terjangkau sinyal telepon apalagi Internet. Pembangunan menara telekomunikasi dan VSAT di dusun kami sudah terwujud, sehingga kami nantinya dapat berkomunikasi dengan baik,” ungkap Kepala Dusun Mangkau Rupinus Say, yang menyaksikan langsung proses instalasi VSAT.

Selain untuk kemudahan agar masyarakat dapat berkomunikasi dengan sanak-saudara yang berada berjauhan, pengadaan fasilitas ini pun diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Khususnya, untuk menunjang pelaksanaaan kegiatan belajar-mengajar yang selama ini kurang dapat berjalan optimal.

“Kami selaku guru sangat kesulitan berkordinasi dengan pihak dinas pendidikan yang ada di Entikong. Selama ini penyerahan data dan lainnya membutuhkan 2 hari. Belum lagi biaya mahal yang kami persiapkan untuk operator khusus di Entikong dalam rangka mengirimkan data-data tersebut,” cerita Ateng, guru SDN 07 Mangkau yang mengajarkan 5 mata pelajaran sekaligus dari kelas 1 hingga 6.

Ia pun menyambut baik hadirnya layanan telepon dan jaringan Internet melalui VSAT, karena kini ia dapat lebih efektif dan efisien melaksanakan tugasnya. Sehingga, pelayanan pendidikan di dusun tersebut pun bisa meningkat, dan pada gilirannya kesejahteraan masyarakat akan juga semakin baik.

*****

Tentang VSAT IDnet

IDnet adalah layanan telekomunikasi fixed satellite yang secara signifikan telah terbukti sukses menghadapi tantangan bahkan di pelosok nusantara. Dengan menggunakan teknologi frekuesi C-Band, IDnet memenuhi kebutuhan pelanggan untuk menghantarkan komunikasi data, suara, maupun video secara efisien dan efektif. Layanan yang mencakup seluruh penjuru negeri tersebut lebih stabil dan tidak rentan terhadap cuaca yang berubah-ubah.

Tentang DTP

DTP (PT Dwi Tunggal Putra) adalah penyedia layanan telekomunikasi yang memiliki tiga jenis layanan utama, yaitu High Speed Internet, Data Center, serta Fixed Satellite Service (FSS). DTP telah mendapatkan izin penyelenggara jasa Internet dari Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menjalankan layanan telekomunikasi tersebut, dan telah melayani ISP, berbagai perusahaan dan instansi Pemerintahan RI  sejak 2000. DTP saat ini memberikan layanan High Speed Internet melalui jaringan teresterial  di Jakarta dan Surabaya. Layanan FSS DTP sendiri sudah mencakup seluruh penjuru nusantara, khususnya untuk melayani Kawasan Timur Indonesia, dan wilayah-wilayah pelosok yang sulit terjangkau layanan teresterial.

*****