“The Hottest Topic” : High Throughput Satellite

test blog

Sudah pernah dengar istilah High Troughput Satellite (HTS) sebelumnya? High Throughput Satellite (HTS) memang disebut-sebut sebagai salah satu upcoming technology dibidang telekomunikasi satelit khususnya untuk wilayah Asia.

Saat tim DTP mengunjungi CommunicAsia 2015 di Singapore tanggal 2 Juni lalu, beberapa vendor komunikasi satelit beramai-ramai memperkenalkan salah satu evolusi terbaru itu. High Throughput Satellite (HTS) merupakan teknologi dimana kapasitas akses data melalui satelit bisa jauh lebih besar dari kapasitas yang saat ini banyak digunakan.

Jika saat ini kapasitas maksimal Throughput adalah 155 Mbps, melalui teknologi High Throughput Satellite (HTS), kecepatan akses data bisa mencapai 100Gbits!* Tidak heran jika istilah High Throughput Satellite (HTS) memang menjadi hot topic dan menarik perhatian banyak pelaku industri komunikasi satelit. Kabarnya, implementasi sistem High Throughput Satellite (HTS) dapat diterapkan pada semua jenis transponder, seperti Ka-Band, Ku-Band, dan C-Band.

Salah satu penyedia jasa satelit asal Herndon – USA, iDirect, dalam acara partner summit yang digelar pada saat CommunicAsia 2015 berlangsung menguraikan perkembangan teknologi lainnya yang dapat dikombinasikan dengan High Throughput Satellite (HTS), dimana jaringan 4G akan dapat digunakan untuk selular backhaul sehingga pengguna selular di beberapa area terpencil dapat menikmati akses data yang lebih cepat dan handal dengan harga yang terjangkau.

Implementasi High Throughput Satellite (HTS) nantinya, diharapkan dapat meningkatkan kualitas akses data di daerah-daerah terpencil serta dijadikan solusi komunikasi yang inovatif.

Leave a Reply