GSD Alpha Trendsetter Colocation Rack

rittal

Memberi yang terbaik, attention to details, keamanan yang tepercaya adalah hal-hal yang Anda temukan di GSD Alpha. Sepertinya halnya ketika kami lebih memilih badan yang mengeluarkan sertifikasi yaitu, ANSI/TIA yang sangat detail akan keamanan.

Pun dalam urusan penyediaan rak data atau yang lebih dikenal dengan ‘Colocation Rack’ serta komponen penunjang rak yaitu ‘Cold Aisle Containment’. Dua hal tersebut, Dwi Tunggal Putra menjatuhkan pilihan pada Rittal, sebuah produsen rak terbesar yang berbasis di Jerman.

Kerja sama dengan Rittal terjadi di 2016, saat DTP mengundang salah satu partner RITTAL yang juga partner DTP dalam rencana pembangunan Datacenter di Gedung Cyber 1. Dalam perkembangannya, DTP membutuhkan rak penyimpanan data berikut aisle containment.

Pemilihan rak pada brand ini karena selain memang yang terbaik di kelasnya, Rittal sanggup mengakomodasi kemauan GSD Alpha yang menginginkan sebuah solusi akan kebutuhan rak dan aisle containment bertaraf premium.

Rak yang tersedia di GSD Alpha sendiri terbagi menjadi dua bagian yang sama besar dengan sekat lembaran baja yang tujuannya untuk membagi privasi dan keamanan masing-masing bagian rak tersebut (atas dan bawah). Rak Rittal yang didisain khusus untuk GSD Alpha juga memiliki kunci yang berbeda, sehingga menjamin privasi di antara kedua bagian rak tersebut.

Rak yang dirancang khusus untuk DTP memiliki daya tampung yang kokoh dan kuat. Karena selain bangunan GSD Alpha yang memang dirancang anti gempa, rak yang terdapat di GSD Alpha adalah rak welded (dilas) yang mampu meminimalisir pergerakan rak.

“Pada saat itu tumbuh ide untuk membagi rak menjadi dua untuk memaksimalkan nilai jual dan mulai saat itulah pembagian rak menjadi dua yang dilakukan oleh DTP, menjadi trendsetter dan diikuti oleh klien-klien kami yang meminta untuk di-upgrade dari satu pintu menjadi dua pintu, persis seperti yang dilakukan DTP,” jelas Taufikurrahman, Managing Director PT Rittal Indonesia.

Cold Aisle Containment yang GSD Alpha miliki berfungsi untuk mengisolasi bagian dingin dari susunan rak yang terpasang, sehingga dingin tidak bercampur dengan panas dari luar bagian yang diisolasi. Dengan adanya Cold Aisle Containment maka proses pendinginan lebih maksimal.

Untuk keamanan data dan akselerasi server yang handal, GSD Alpha memiliki rak yang dibuat secara kokoh dan Cold Aisle Containment yang memiliki buffer kapasitas AC yang mumpuni, sehingga membuat GSD Alpha menjadi Datacenter yang bisa diandalkan.