DTP Untuk Negeri Social Responsibility di Halmahera Timur

dtp-untuk-negeri-berlanjut-di-halmahera-timur

Jelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang menjadi salah satu output dari program  Universal Service Obligation, Tim care DTP mengarungi Laut Maluku dalam perjalanan menuju salah satu site DTP di timur Indonesia, yakni Halmahera Timur.

Sejak pemekaran pada tahun 2003, Halmahera Timur memiliki 102 desa dalam sepuluh kecamatan di antaranya kota Maba, Maba Tengah, Maba Utara, Wasile Utara, Wasile Tengah dan Wasile Tengah. Tujuan tim care DTP ke daerah yang terletak di Propinsi Maluku Utara ini untuk memastikan ketersediaan internet  program USO dari Kemkominfo melalui BAKTI dan hal-hal penunjang lainnya sehingga Ujian Nasional Berbasis Komputer dapat berjalan dengan baik.

Untuk menuju site yang dituju, tim care DTP menempuh jarak perjalanan yang beragam. Pendaratan mulus di Bandara Sultan Babullah, dilanjutkan dengan  menyeberangi Laut Halmahera dari Pelabuhan Semut Mangga Dua Ternate, menuju Pelabuhan Sofifi dengan menggunakan speedboat.

Lepas dari transportasi via laut, perjalanan darat selama 4 jam menyusuri jalan terjal dan licin setelah diguyur hujan tak menyurutkan semangat tim care DTP mengunjungi SMPN 2 Wasile, SMPN 1 Wasile dan SMPN 1 Maba.

Tim care DTP menjadi saksi kesuksesan pelaksanaan UNBK karena selain didukung oleh koneksi internet yang mumpuni, juga didukung oleh fasilitas lainnya. Pada kesempatan yang sama, DTP melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR). Program ini hadir secara berkala setiap tahunnya dengan mengambil tema ‘DTP untuk Negeri’ didukung juga tagar kampanye online #DTPSocialResponsibility.

Kegiatan CSR kali ini berlangsung dengan menyerahkan perangkat laptop, berikut proyektor dan layarnya untuk kebutuhan metode belajar online serta alat tulis guna membantu kegiatan belajar mengajar baik siswa maupun guru di SMPN 2 Wasile yang proses seremonialnya berlangsung meriah.

“Terima kasih kepada DTP dan BAKTI yang telah menyempatkan berkunjung ke SMPN 2 Wasile, ketersediaan internet dalam UNBK tahun ini sangat bermanfaat bagi kami baik guru maupun siswa. Kami juga  mengucapkan terima kasih atas bantuan fasilitas berupa perangkat laptop, proyektor serta alat tulis kepada DTP semoga dapat berguna bagi kami di sini,” ungkap Drs. Sulami selaku Kepala Sekolah SMPN 2 Wasile.

Kegiatan CSR DTP pun berlanjut ke SMPN 1 Wasile yang jaraknya memakan waktu satu jam perjalanan. Meski jalan tak sepenuhnya rata dengan aspal dan tumpukan batu  yang licin harus dilalui, bibir pantai nan indah turut mengiringi sepanjang perjalanan.

Tim care DTP ikut merasa bangga bisa membantu proses belajar mengajar di sekolah ini, terlebih saat  disambut oleh kepala sekolah Sumarni Djini S.pd yang menerima bantuan perangkat alat tulis untuk sekolah yang berlokasi di jalan raya Lolobata ini.

“Kami sangat senang menerima bantuan peralatan belajar mengajar dari DTP untuk sekolah ini, semoga bantuan ini dapat memotivasi para guru dan siswa terus giat belajar.  Harapan kami juga fasilitas internet di sini terus berjalan lancar sehingga siswa dan guru memanfaatkan sebesar-besar dalam kegiatan sekolah,” terang Djini.

Dan kunjungan kali ini berakhir di SMPN 1 Maba yang  berjarak tiga jam perjalanan dari kecamatan Wasile. Di sekolah ini baik pihak DTP maupun BAKTI menyaksikan pemanfaatan internet secara maksimal untuk UNBK.

Satu pelajaran yang diambil, bahwa DTP memiliki kepedulian dan misi yang sema dengan BAKTI dan akan terus menjadi mitra BAKTI untuk selalu menyalakan lentera pendidikan dan pemerataan informasi di bumi pertiwi.