DTP Tingkatkan Awarness Lewat Vlog Series

vlog

Secara etimologi video blogging atau masyarakat lebih mengenalnya dengan ‘vlog’ dalam Urban Dictionaries memiliki arti video dokumentasi yang berisi tentang hidup, pikiran, opini, dan ketertarikan.

Sejak munculnya ke permukaan di tahun 2000, vlog terus menjadi tren terpanas di dunia media sosial. Dalam hasil survei ‘Penetrasi & Perilaku Penggunaan Internet Indonesia 2017’ yang dikeluarkan oleh APJII, sebanyak 69,64% pengguna mengakses layanan untuk melihat video.

Dengan angka penetrasi yang terus menanjak tiap tahunnya, tidak heran banyak pihak baik individu maupun korporasi yang membuat vlog, demi mendapatkan atensi atau awarness.

Bagi individu, banyaknya penonton vlog bisa dikonversi menjadi uang. Sementara itu untuk korporasi, hadirnya vlog di kanal media sosial Youtube secara objektif adalah meningkatkan brand awarness dan engagement.

DTP sebagai perusahaan telekomunikasi penyedia jasa Internet yang memiliki tiga layanan utama yakni Internet, Datacenter dan VSAT menggunakan medium vlog untuk menginformasikan kegiatan terbaru dan produk-produk terbaru.

Perkenalkan Produk Terbaru dan Peresmian Desa Digital

DTP menghadirkan vlog seri pertamanya dengan memberikan nuansa yang lebih santai dibawakan oleh Revana. Natalie yang akan berkunjung ke daerah Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Perjalanan dimulai dari Kantor DTP di Gedung Cyber 1, Kuningan Barat, Jakarta menuju Cimanggis, hanya membutuhkan kurang lebih 1 jam 30 menit perjalanan yang ditempuh menggunakan kendaraan pribadi melewati jalur tol Jagorawi.

Di area seluas 3 hektar  ini nantinya akan berdiri DTP Techno Park dan Teleport Farm, yakni sebuah area Datacenter dan Hub Utama VSAT yang kini sudah terpasang. Di episode pilot ini kami menemui salah satu master VSAT di Indonesia, M. Agus Zainudin yang juga bertindak selaku Manager TOC DTP.

Pria asal Jombang ini membantu menjelaskan produk terbaru DTP yakni Ku Band Buantersat, dan juga detailnya mulai dari Hub yang digunakan oleh DTP hingga apa itu Grounding. Buantersat salah satu layanan internet satelit yang diperuntukan untuk daerah yang tidak terjangkau oleh infrastruktur jaringan fiber optik terutama untuk daerah 3T yakni terdepan, terluar dan tertinggal.

Episode kedua vlog DTP berisi peluncuran Desa Digital dan wifi gratis di Desa Sirnarasa, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Di desa yang berada di lembah ini, DTP sebagai mitra lama Bakti Kominfo  menjadi penyedia pembangunan 155 Desa Digital yang diinisasi oleh gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Untuk menuju Desa yang berada di kawasan taman nasional Gunung Halimun Salak ini menempuh perjalanan kurang lebih 6 jam dari Jakarta hingga ke titik lokasi. Jalan yang tidak rata dan licin karena didominasi bebatuan serta diguyur hujan lebat membuat perjalanan ini makin berkesan.

Acara peresmian turut dihadiri Menkominfo Rudiantara didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sarjono dan direktur utama DTP, Michael Alifen. Ridwan Kamil dalam sambutannya menuturkan tujuan utama dari peluncuran Desa Digital yakni untuk membuka akses informasi bagi daerah setempat, agar warganya bisa membuka seluas-luasnya informasi dan berbagi dengan daerah lain.

Tidak lupa DTP memberikan apresiasi kepada stakeholder terkait berupa pemberian plakat kepada Kepala Desa H.Oman Sulaeman. Untuk melihat kegiatan vlog tim DTP secara utuh, saksikan vlog channel Youtube DTP di dtpnetid dan jangan lupa subscribe ya.