DTP Siapkan Lagi Internet VSAT untuk Sekolah-Sekolah di Daerah Pelosok

DTP Siapkan Lagi Internet VSAT untuk Sekolah-Sekolah di Daerah Pelosok
  • Seiring dengan kampanye #YesAdaInternet untuk mendukung Program USO (Universal Service Obligation / Kewajiban Pelayanan Universal) yang digagas BP3TI Kemkominfo, DTP kembali dipercaya menggarap pemasangan VSAT di sejumlah sekolah di berbagai penjuru negeri.
  • Sambutan antusias pun sempat diungkapkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang menyambut baik upaya pemerataan jaringan internet di seluruh pelosok nusantara. Sejauh ini, program USO sudah dilakukan dalam 4 tahap, dan VSAT DTP sendiri telah beroperasi dengan baik di ratusan titik.

Jakarta – PT. Dwi Tunggal Putra (DTP) saat ini tengah menggarap pemasangan VSAT baru untuk pelayanan internet di sejumlah titik yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia. Hal ini dilakukan seiring dengan berjalannya kampanye #YesAdaInternet untuk mendukung Program USO (Universal Service Obligation / Kewajiban Pelayanan Universal) yang digagas Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Dengan komitmen yang telah dipercayakan kembali kepada DTP untuk Tahap IV Program USO BP3TI, proses pembangunan VSAT di sejumlah sekolah tersebut telah dimulai sejak akhir Agustus 2016. Lokasinya pun tersebar di Provinsi Maluku, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Kalimatan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Kepulauan Riau.

“Koneksi internet melalui VSAT tersebut rencananya akan aktif secara serentak mulai 24 September 2016 mendatang,” ungkap Tiok Prasetyo, VSAT Sales Manager DTP.

Ia pun menceritakan bahwa perkembangan program pemerataan jaringan internet ke seluruh penjuru nusantara tersebut telah mendapat sambutan positif dari berbagai pihak. Tak tanggung-tanggung, Wakil Presiden Jusuf Kalla sendiri pun telah mengungkapkan antusiasmenya. Hal tersebut ditunjukkan ketika Wakil Presiden Jusuf Kalla berkesempatan menyambangi booth DTP pada ajang Communic Indonesia 2016, pekan lalu di Jakarta.

“DTP adalah perusahaan penyedia jasa internet yang telah mampu menjangkau berbagai daerah di Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Bahkan, untuk daerah-daerah pelosok yang tidak terjangkau oleh jaringan serat optik dan Point-of-Presence (POP), layanan VSAT DTP bisa menjadi andalan,” jelas Tiok Prasetyo lagi.

Tiok Prasetyo pun menambahkan bahwa untuk memudahkan kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah, layanan-layanan DTP kini sudah dapat diakses melalui e-katalog LKPP. Harapannya, ini dapat semakin mendukung pemerintah dalam melakukan pengadaan barang yang lebih cepat, transparan dan akuntabel. Ini juga merupakan bentuk kontribusi DTP bagi pemerataan dan kemajuan teknologi komunikasi di seluruh Indonesia.

*****

Tentang VSAT IDnet

IDnet adalah layanan telekomunikasi fixed satellite yang secara signifikan telah terbukti sukses menghadapi tantangan bahkan di pelosok nusantara. Dengan menggunakan teknologi frekuensi C-Band, IDnet memenuhi kebutuhan pelanggan untuk menghantarkan komunikasi data, suara, maupun video secara efisien dan efektif. Layanan yang mencakup seluruh penjuru negeri tersebut lebih stabil dan tidak rentan terhadap cuaca yang berubah-ubah.

Tentang DTP

DTP (PT Dwi Tunggal Putra) adalah penyedia layanan telekomunikasi yang memiliki tiga jenis layanan utama, yaitu High Speed Internet, Data Center, serta Fixed Satellite Service (FSS). DTP telah mendapatkan izin penyelenggara jasa internet dari Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menjalankan layanan telekomunikasi tersebut, dan telah melayani ISP, berbagai perusahaan dan instansi Pemerintahan RI  sejak 2000. DTP saat ini memberikan layanan High Speed Internet melalui jaringan teresterial  di Jakarta dan Surabaya. Layanan FSS DTP sendiri sudah mencakup seluruh penjuru nusantara, khususnya untuk melayani Kawasan Timur Indonesia, dan wilayah-wilayah pelosok yang sulit terjangkau layanan teresterial.

*****