DTP Peduli Bantuan Sosial Gempa Lombok

lombok

Sebagai bentuk Kepedulian terhadap korban bencana gempa yang melanda wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat dan sekitarnya, DTP memberikan bantuan sosial kepada korban gempa berupa makanan dan minuman 8 Agustus 2018 silam.  Bantuan ini diserahkan langsung kepada I Komang Sudiarta selaku Direktorat Jenderal SDPPI Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Mataram, Lombok untuk didistribusikan kepada korban gempa.

DTP sebagai mitra BAKTI Kominfo bersama-sama menyerahkan bantuan tersebut langsung ke posko bencana gempa di Kantor Kecamatan Lingsar Jalan Gora II Lingsar, Kabupaten Lombok Barat. Dua Truk bantuan untuk korban gempa pada batch kedua ini berupa 300 dus mie instan, 400 dus mie instan kemasan gelas, 200 dus susu UHT, 10 dus pembalut wanita serta 300 botol minuman dalam kemasan untuk korban gempa wilayah Lombok Barat yang distribusikan oleh BNPD Lombok Barat.

Bantuan ini adalah menjadi yang kedua, setelah sebelumnya DTP langsung memberikan bantuan, sehari setelah gempa besar pertama terjadi (6/8) yang langsung diterima oleh korban gempa melalui Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Mataram untuk di daerah Tandjung, Sokong Kabupaten Lombok Utara pada .

“Terima kasih mitra BAKTI khususnya DTP yang telah memberikan bantuan yang kami distribusikan serta kordinasi BNPD Lombok Barat untuk korban gempa Lombok, semoga dengan bantuan ini dapat meringankan bagi saudara-saudara kita yang terkena musibah. Kami berharap semua stakeholder mitra BAKTI juga ikut berperan aktif dalam membantu korban gempa di Lombok ini,” ungkap I Komang Sudiarta.

Dalam kesempatan itu juga Tim Care DTP dan BAKTI mengunjungi posko bencana gempa yang berada di Kantor Kecamatan Pemenang dan Lapangan Merdeka, Tandjung Sokong, Lombok Utara. DTP bukan hanya memberikan bantuan terhadap korban gempa saja, namun juga para petugas penyelamatan dari TNI yang ikut mengevakuasi korban yang terjebak reruntuhan bangunan.

Bantuan yang diberikan kepada anggota TNI berupa dua unit telepon satelit yang diserahkan Widianto selaku Bag. Pengadaan & Perlengkapan BAKTI Kominfo, kepada perwakilan TNI Korem 162 Wira Bakti Mataram, Nusa Tenggara Timur.

Selaku Danrem 162 Wira Bakti, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani mengucapkan terima kasih atas bantuan ini, yang sangat berguna bagi tim evakuasi dan pendistribusian logistik untuk korban gempa yang sulit terjangkau guna kordinasi dan komunikasi.

“Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan dari DTP atas dua perangkat telepon satelit, bantuan ini kami pergunakan untuk kordinasi dan komunikasi dalam mengevakuasi maupun menyalurkan logistik daerah terpencil yang tidak terjangkau seperti wilayah Bayan dan Kayangan. Wilayah Lombok Utara hampir 90% terpapar gempa dan ini perlu perhatian kita bersama,”jelas Rizal Ramdhani.

Selain itu hastag #DTPPeduli dan #PraytoLombok di kanal media sosial DTP mengajak seluruh komponen masyarakat bahu membahu berpartisipasi serta mendoakan korban bencana gempa di Lombok agar dapat pulih dan kembali beraktifitas membangun kehidupan yang layak.

“Oleh karena akses telekomunikasi yang mengalami kendala pascagempa di Lombok, kami berinisiatif untuk memberikan bantuan berupa perangkat telepon satelit kepada pemerintah dan Komando Distrik Militer setempat dengan harapan dapat mendukung koordinasi penanganan bencana. Selain itu, dukungan berupa makanan juga kami distribusikan ke Lombok Utara dan Barat,” terang Yoke Tangkar selaku Care Manager DTP.

Hingga saat ini menurut data terkini Badan Nasional Penanggulangan Bencana Pusat (12/08), Korban gempa Lombok terus bertambah, tercatat 392 orang meninggal dunia, 1.353 orang luka-luka, 387.067 orang mengungsi, 67.875 unit rumah rusak, 606 sekolah rusak, dan kerusakan lain. Jumlah korban meninggal diperkirakan akan terus bertambah.