Data Center dan Colocation Ramah Lingkungan dari DTP

DATA CENTER RAMAH LINGKUNGAN

DTP menyediakan fasilitas terunggul untuk para pelaku bisnis yang membutuhkan data center dengan layanan lebih maksimal untuk penyimpanan data-data penting perusahaan. Berlokasi di Gedung Tifa tepatnya di Jalan Kuningan Barat No. 26, GSD sangat mudah ditemui karena memang bertempat di lobby depan Gedung Tifa.

Lobby Gedung Tifa mempunyai infrastruktur gedung dengan tinggi plafon 3 meter dan DTP menambahkan sistem raised floor agar mempermudah jalur kabel, floor to ceiling yang tinggi di lobby merupakan standar yang berbeda dibandingkan dengan lantai lain, dan lobby mempermudah keluar masuk barang dari dan ke gedung, infrastruktur ini merupakan standar untuk sebuah data center.

Sedangkan Infrastruktur untuk data center GSD sendiri mempunyai kelebihan UPS central yang dilengkapi oleh batere bank guna mendukung Power Supply untuk seluruh server selama 30 menit, GSD juga memiliki generator milik sendiri yang dilengkapi dengan tangki solar dan siap untuk mendukung selama 3 hari kinerja data center jika terjadi pemadaman listrik.

Untuk keamanan, data center GSD sangat menjamin keamanan data dengan memakai Smart Card Proximity dan 24/7 CCTV.

Graha Sarana Data atau GSD merupakan suatu layanan data center yang DTP sediakan untuk para pelaku bisnis dalam menyimpan data-data mereka. GSD sebagai pelopor yang menawarkan data center yang disesuaikan dengan dana yang dimiliki oleh suatu perusahaan pertama di Indonesia, dan merupakan misi GSD untuk terus melanjutkan dalam menyediakan layanan data center dengan biaya yang bersahabat.

Namun, GSD saat ini mengembangkan mutu layanannya dengan berkonsep ”Green Data Center” yang ramah lingkungan dan yang sangat utama adalah hemat energi, karena GSD sangat memperhatikan sumber daya energi yang akan dikeluarkan.

Karena mengusung konsep “Green Data Center” maka fasilitas GSD di gedung TIFA disesuaikan dengan standar data center.

Bagaimana dan apa yang dimaksud dengan Green Data Center GSD? Rak server terdiri dari alat-alat elektronik yang menyimpan ribuan data suatu perusahaan, alat tersebut bekerja setiap waktunya dan menghasilkan panas. GSD dengan konsep hemat energinya memakai lorong panas dan lorong dingin (Hot and Cold Isle Containment), cara kerjanya sangat menghemat energi karena GSD tidak memerlukan perangkat air conditioner berlebih yang sangat menyita energi dan listrik.

Panas yang dihasilkan di rak server tersebut dikeluarkan dan dihisap oleh fan pada lorong panas (Hot Isle Containment) lalu dimasukkan atau digantikan dengan udara lain yang terdapat pada lorong dingin (Cold Isle Containment) sehingga tidak memaksakan proses pendinginan suhu dan sangat efisien dalam menghemat energi.

Dengan cara tersebut GSD merupakan sebuah solusi segar untuk suatu perusahaan menyimpan data-data pentingnya, dengan konsep “Green Data Center” dan berbagai kelebihannya, GSD bisa dibilang sebagai data center dari DTP yang selangkah maju kedepan.