Buantersat Paradigma Internet Terbarukan

buantersat-paradigma

Penyebaran internet melalui Teknologi VSAT (Very Small Aperture Terminal) menjadi salah satu cara efisien menghadirkan teknologi internet ke daerah Indonesia yang berada di gugusan pulau terdepan atau area terdalam yang tidak dilintasi jalur serat optik.

Teknologi yang mulai dipasarkan sekitar tahun 1980 di Amerika Serikat ini memiliki fleksibilitas yang tinggi dalam penyediaan jaringan internet ‘di mana saja dan kapan saja’, dan juga bisa dikombinasikan dengan moda penyebaran internet lain sesuai kebutuhan.

Saat ini DTP aktif melayani lebih dari 800 titik VSAT yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan beragam pelanggan yang mencakup korporasi swasta dan lembaga pemerintahan.

BuanterSat merupakan inovasi terbaru DTP yang menawarkan konektivitas internet cepat dengan menggunakan frekuensi Ku-Band dan telah digunakan di beberapa site BAKTI.

Berbeda dengan teknologi pendahulunya C-Band, frekuensi Ku-Band ini menawarkan beberapa nilai lebih seperti ukuran perangkat VSAT yang lebih compact, speed internet yang cepat, kapasitas data yang besar, minimnya interferensi gangguan terestrial, serta cakupan sinyal yang merata di seluruh Indonesia.

BuanterSat sangat cocok untuk digunakan dalam berbagai jenis kebutuhan telekomunikasi, seperti penyiaran televisi digital, direct broadcasting, cellular backhaul, dan layanan komunikasi bisnis lainnya.

Garansi Uptime BuanterSat

Di beberapa daerah di kawasan Indonesia timur, ketersediaan listrik masih menjadi hal yang langka. Jaringan internet akan berjalan dengan maksimal jika disokong oleh pasokan listrik yang berkesinambungan.

Kelangkaan ketersediaan arus listrik merupakan kendala yang sering dijumpai di wilayah-wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) yang acapkali menjadi penghambat penyebaran akses internet.

BuanterSat menawarkan fitur unggulan berupa uptime guarantee selama 3 jam pada saat terjadi gangguan arus listrik. Hal ini merupakan solusi yang ditawarkan DTP atas kendala ketersediaan listrik di sebagian besar daerah 3T Indonesia.

DTP Techno Park – Teleport Farm

Kami mempersiapkan produk BuanterSat ini dengan seksama. Oleh karena layanan BuanterSat didukung penuh oleh fasilitas dan komponen yang mumpuni dan semuanya berada di Teleport Farm di DTP Techno Park.

Terletak di tanah seluas 1,5 Ha, fasilitas Teleport Farm yang terletak di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, telah memenuhi acuan standarisasi WTA (World Teleport Farm) antara lain jauh dari pinggir pantai atau di Disaster Safe Zone.

Menerapkan prinsip 2N+2 dalam pengoperasian transmisi dari Hub utama. DTP Techno Park mengoperasikan 2 buah antena berukuran 9 meter sebagai Hub utama dan juga 2 buah standby backup antenna yang siap beroperasi kapan pun diperlukan.

Dalam menjalankan operasionalnya, DTP Techno Park telah memenuhi beberapa standard internasional, yakni ISO 9001:2015, ISO 27001, dan OHSAS 18001:2007.

Salah satu syarat utama penyedia jasa internet yang dapat diandalkan adalah ketersediaan sumber listrik yang berasal dari 2 sumber. DTP Techno Park memiliki 2 sambungan listrik premium dari 2 buah sumber yang berbeda, yakni Gardu Cimanggis-2 dan Gardu Cibinong.

Seluruh perangkat layanan BuanterSat juga turut dilengkapi dengan skema 2N+1 HVAC (Heat, Ventilation, and Air Conditioning) & Electrical Redundancy Plan yang terbaik guna menjaga uptime Hub.

Guna menyokong setiap titik akses internet BuanterSat dengan maksimal, DTP bekerjasama dengan perusahaan modem yang berbasis di Virginia, Amerika Serikat, iDirect,  yang menggunakan IQ Series Satellite Modem yang mengusung teknologi DVB-S2X di Indonesia.

Teknologi ini mengusung inovasi terbaru dari algoritma TDMA (Time Division Multiple Access) dan dapat memberikan kecepatan akses internet per user dengan baik meskipun diakses oleh banyak orang pada saat yang bersamaan.