BPS Sukamara Sajikan Data dengan Koneksi VSAT DTP

bps-sukamara-sajikan-data-dengan-koneksi-vsat-dtp

Pentingnya pencatatan data yang akurat menjadi kian penting di era digital untuk membantu penyusunan kerangka kebijakan pembangunan daerah dari berbagai sektor seperti pemerintahan, kependudukan, sosial, pertanian, kesehatan, pendidikan, ketenagakerjaan dan lain-lain.

Badan Pusat Statistik (BPS), adalah sebuah lembaga pemerintah non-kementerian yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden dalam penyajian data nasional. Proses pengolahan data dimulai dari pengumpulan data oleh kantor statistik daerah, input data, dan selanjutnya pengiriman data ke BPS Pusat untuk diproses menjadi data nasional.

Untuk mendukung ketersediaan data statistik yang disajikan dapat lebih mutakhir dan kualitasnya semakin baik, diperlukan program aplikasi yang mumpuni dan juga jaringan internet yang bisa diandalkan.

Dengan bangga, sejak tahun 2014, akses Internet VSAT DTP telah digunakan oleh sejumlah kantor statistik kabupaten dan kota yang tersebar di penjuru nusantara. Keandalan Internet VSAT DTP tentunya sangat mendukung kantor statistik daerah dalam menjalankan salah satu fungsinya, yakni pengoordinasian kegiatan statistik regional dan nasional.

Beberapa waktu silam, Tim Care DTP berkesempatan menyambangi salah satu Kantor Statistik Daerah Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah, bersama dengan Kasubdit Jaringan Komunikasi Data BPS Pusat, Agung Triyanto Gumilar, S.St, M.Si, dan Kepala PPK BPS Pusat, Rachmat Sutedjo.

Monitoring dan evaluasi layanan menjadi agenda utama dari kunjungan Tim Care DTP dan perwakilan BPS Pusat kali ini. Layanan Internet VSAT DTP dimanfaatkan oleh Kantor Statistik Daerah Kabupaten Sukamara dengan sangat baik mengingat banyaknya pekerjaan yang dilakukan secara online.

“Penyerapan akses Internet dinilai sangat baik, hampir tidak pernah internet DTP tidak terpakai pada saat jam operasional kantor dikarenakan saat ini entry data pun dilakukan secara online,”ujar Kepala Kantor Statistik Kabupaten Sukamara, Tony Suprianto, S.Si.

Pemerataan akses Internet di sejumlah Kantor Statistik Daerah membantu mendorong insan statistik dalam penyediaan data statistik yang berkualitas melalui kegiatan statistik yang terintegrasi berstandar nasional maupun internasional. DTP siap membantu Badan Pusat Statistik (BPS) untuk mewujudkannya.