Bakti Gandeng DTP Bangun Desa Digital Masyarakat Jawa Barat

foto-artikel-connects-desa-digital

Desa Sirnarasa,Cikakak, Sukabumi, Jawa Barat jadi lokasi peluncuran program gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil(14/04), yang juga didampingi oleh menteri komunikasi dan informasi (kominfo) Rudiantara dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (Bakti) serta Direktur DTP Michael Alifen.

Desa ini berjarak kurang lebih 30 km dari kota Pelabuhanratu, kabupaten Sukabumi, jalan menuju desa tersebut tidak semua beraspal namun juga berbatu. Desa Sirnarasa ini salah satu desa tradisional Sunda yang masih memegang adat dengan kuat.

Peluncuran Desa Digital berlokasi di Kantor Desa Sirnarasa yang sudah dipadati oleh warga masyarakat yang antusias melihat peresmian peluncuran Desa Digital di kampung mereka, selain Ridwan Kamil dan Rudiantara juga hadir wakil Bupati Kabupaten Sukabumi Adjo Sardjono.

Program desa digital ini merupakan inisiasi gubernur Ridwan Kamil bekerjasama dengan Bakti. DTP ditunjuk oleh Bakti untuk mempersiapkan layanan internet dan  telah menyelesaikan instalasi akses internet atau wifi gratis ke desa-desa tertinggal, terdepan dan terluar (3T) di 155 site pada 17 kabupaten di Jawa Barat.

Seperti yang dikutip dari tribunnews Ridwan Kamil mengatakan dengan adanya akses internet, masyarakat desa bisa mengakses konten pendidikan, meningkatkan produktivitas, menumbuhkan pariwisata, hingga memasarkan produk-produk lokal ke luar daerahnya.”Keunggulan dari infrastruktur ini salah satunya mengedukasi warga desa bahwa hidup bisa berubah, dengan hanya mempromosikan daerah, peluang ekonomi bisa datang”. Ujar Ridwan Kamil.

Direktur DTP Michael Alifen mengatakan, “Jaringan internet dalam program Desa Digital menggunakan layanan Buantersat yang mengusung high throughput bandwidth satellite di jaringan Ku Band. Untuk bandwidth yang disediakan di desa Sirnarasa ini sebesar 2 Mpbs”.

Buantersat merupakan layanan VSAT yang menggunakan spektrum Ku-Band dengan teknologi DVB-S2X terbaru dari idirect iQ Series, adapun perangkat antenna yang digunakan lebih compact dengan diameter 1,2 meter sehingga menghasilkan throughput lebih besar. Selain itu Buantersat memiliki fitur unggulan uptime guarantee selama 3 jam pada saat terjadi gangguan arus listrik, sebuah solusi tepat bagi desa yang kurang stabil dalam sumber daya listriknya.

DTP turut mendukung program Nawacita pemerintah dalam membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Tentang DTP 

DTP (PT Dwi Tunggal Putra) adalah penyedia layanan telekomunikasi yang memiliki tiga jenis layanan utama, yaitu High Speed Internet, Datacenter, serta VSAT Network. DTP telah mendapatkan izin penyelenggara jasa internet dari Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menjalankan layanan telekomunikasi tersebut, dan telah melayani ISP, berbagai perusahaan dan instansi Pemerintahan Republik Indonesia  sejak tahun 2000. DTP memiliki Layanan VSAT yakni Buantersat yang sudah melingkupi seluruh penjuru nusantara, dan wilayah-wilayah pelosok yang sulit terjangkau layanan teresterial.

*****

Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi:

Erick Lou [Marcomm Manager] [0811957015] | [marketing@dtp.net.id]